Baccarat Techniques_Ranking of European Bookmakers_Online sports betting_Gaming industry_Gaming platform

  • 时间:
  • 浏览:0

KelGambling termsihatannya munGambling termsgkin sepele ya, tapi beberapa simbGambling termsol berupa huruf tersebut ternyata juga memiliki kekuatan hukum lo. Walaupun tak wajib untuk dicantumkan namun kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa eksklusivitas dan branding sehingga logomu tak mudah dicomot orang lain.

Huruf-huruf tersebut bukan dipilih secara random lo namun ada alasannya yaitu bahwa huruf tersebut merupakan huruf pertama dari kata yang disingkat.

Kalau kamu saat ini sedang membuat logo untuk brand milikmu juga, sebaiknya kenali arti dari huruf-huruf tersebut supaya bisa tepat guna dan akan memberi untung untukmu. Yuk simak apa saja arti dan perbedaan dari kode-kode untuk merek dagang tersebut!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Sementara huruf C yang berarti copyright digunakan untuk karya-karya yang dihasilkan sebuah perusahaan, mungkin kamu akan lebih bingung mengenai perbedaan penggunaan tanda R dan TM. Jadi, jika kamu masih ragu-ragu mana yang digunakan maka kamu bisa memastikan apakah merek dagang milikmu sudah terdaftar di dalam Daftar Umum Merek atau belum. Jika merek dagang belum terdaftar atau masa aktif pendaftarannya sudah lewat maka sebaiknya kamu menggunakan tanda  TM dan tidak menggunakan tanda R. Akan tetapi, jika merek dagangmu sudah terdaftar maka kamu bisa menaruh baik simbol R maupun TM.

Ada banyak elemen yang bisa diperhatikan ketika melihat sebuah logo brand tertentu. Selain desain, warna, dan tulisan yang mewakili identitas merek yang ingin dikenalkan, mungkin kamu juga familiar dengan akhiran huruf-huruf seperti C, R, atau TM. Mungkin huruf-huruf tersebut membuat logo jadi kelihatan makin keren hingga kamu ingin menirunya juga. Akan tetapi jangan salah, ternyata kode huruf tersebut memiliki makna dan aturan masing-masing untuk dipakai lo.

Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek tidak menjelaskan kewajiban atau larangan sebuah perusahaan untuk mencantumkan simbol berupa huruf-huruf tersebut di dalam logomu. Akan tetapi, penggunaan simbol ini hanya untuk menegaskan bahwa logo tersebut merupakan merek dagang perusahaanmu atau menunjukkan bahwa sudah terdaftar jika hurufnya R. Sehingga kamu dapat menggunakannya untuk kepentingan branding atau hak eksklusivitas atas brand atau produk yang diproduksi. Lisensi ini juga bisa dipindahtangankan dengan sebuah perjanjian dan pemilik merek terdaftar bisa mendapatkan royalti.